SHARE

Era Revolusi Industri 4.0 membawa banyak perubahan di berbagai bidang dan perubahan pada pola hidup masyarakat. Aspek kehidupan manusia sehari-hari mulai dari berkomunikasi, bekerja, belajar, berbelanja, hiburan dan lain sebagainya, semua sudah bergantung pada keberadaan komputer dan internet. Perubahan tersebut menyebabkan banyaknya perusahaan manufaktur yang mempromosikan produknya secara digital (Digital Marketing).

Ada berbagai media promosi secara online yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk, salah satunya yaitu WhatsApp Business. Dengan adanya WhatsApp Business ini, maka penjual dan pelanggan dapat dengan mudah berinteraksi karena terdapat fitur-fitur otomatisasi, penyortiran pesan dan menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat. Hal tersebut dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Sasaran dari WhatsApp ini adalah para pemilik bisnis kecil.

Oleh karena itu, maka para pemilik bisnis kecil dan masyarakat yang ingin memulai bisnis perlu mengenal fitur-fitur yang ada pada WhatsApp Business tersebut. Pengenalan tersebut perlu adanya pendampingan, seperti yang dilakukan oleh Dosen-Dosen dari Universitas Bina Sarana Informatika yang bekerjasama dengan tim LPPM Universitas Bina Sarana Informatika.

Penyuluhan dan pelatihan dilaksanakan melalui zoom virtual meeting pada hari Sabtu, 16 Mei 2020 melalui Zoom Virtual Meeting yang dimulai pukul 08.30 – 10.30 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 10 peserta dari Pengurus PKK Kelurahan Sumampir. Materi disampaikan oleh Ibu Eva Argarini Pratama dan dibantu oleh tim yang lain. Peserta sangat semangat mengikuti penyuluhan tersebut sehingga banyak peserta yang melakukan tanya jawab dengan pemateri. Dengan adanya penyuluhan penggunaan WhatsApp Business diharapkan dapat memberikan wawasan kepada para Pengurus PKK Kelurahan Sumampir sehingga masyarakat yang ingin memulai usaha bisnisnya tidak kebingungan dan kesulitan dalam mempromosikan produknya.