SHARE
Hosting Unlimited Indonesia

Surakarta dipilih untuk penyelenggaraan Lomba PKM IX “Best of The Best” Tingkat Nasional 2018 menjadi ajang pertama yang dikuti oleh Achmad Fajar dkk akhirnya berbuah manis. Juara harapan 1 menjadi prestasi yang diraih dan bisa memunculkan nama kampus UBSI Purwokerto di ajang perlombaan tersebut.

DomaiNesia

gemilang

Peserta final yang mencapai 200 lebih tim dari se Indonesia (Aceh sampai Papua), dibagi menjadi 2 gelombang. Proses menuju 100 besar menjadi awal perlombaan, setelah lolos 100, di ambil 50 besar. Kategori yang di perebutkan Juara 1 , 2, 3, Harapan 1, Harapan 2, Harapan 3, Judul ter-hit, 3 topik Terfavorit. Waktu lomba di awali opening dan pembacaan umum peraturan lomba, dan proses akhir dengan diskusi, pengumuman juara, serta closing.

Penilaian juri yang diambil merupakan standar penulisan karya ilmiah (Judul, Latar Belakang, Pembahasan, dan Simpulan), dan itu masuk dalam setiap presentasi setiap kelompok. Panitia sangat bangga dengan tulisan-tulisan yang bermunculan di ajang Lomba PKM IX “Best of The Best” Tingkat Nasional 2018 kali ini. Ide-ide cemerlang sebagai bentuk inovasi/perubahan pola piker generasi muda untuk ikut memberikan sumbangsihnya kepada Bangsa Indonesia. Sesuai dengan tema lomba “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia Berbasis Potensi Bangsa”, ternyata banyak sekali model pemikiran generasi muda yang dapat dimunculkan dalam tulisan yang tentunya mempunyai harapan yang lebih untuk dapat diimplementasikan dalam masyarakat.

Achmad Fajar dkk, merasakan hal baru diajang perlombaan ini, dan impian telah menjadi kenyataan. Hasil yang diraih menjadi bayaran terindah dalam perjuangan tim yang mereka bentuk. Mensyukuri hasil merupakan kewajiban tetapi rasa puas tim belum maksimal, hasil ini justru bisa memotivasi diri serta kelompoknya untuk bisa maju dan raih prestasi yang lebih baik di lomba-lomba mendatang. Tim GEMILANG (menjadi sebutan mereka) diambil dari judul tulisan yang mereka tulis. GEMILANG (Gerakan Millenial dalam Pembangunan) merupakan pemberdayaan generasi muda/millenial yang seharusnya dilibatkan dalam pelaksanaan pembangunan di wilayah perdesaan.

Dalam final, tim sudah berusaha maksimal dalam melakukan presentasi di depan dewan juri. Tahapan per tahapan dilakukan dengan konsentrasi tinggi, supaya semangat dan penyampaian setiap presentasi bisa maksimal. Masuk 100 besar dan kemudian 50 besar, bahkan menjadi 10 besar menjadi pemicu semangat dan rasa optimis kelompok bahwa pasti Tuhan mendengar doa anggota tim. Dan panitia mengumumkan hasil penilaian para dewan juri, dari hasil penilaian muncullah nama kelompok “GEMILANG” dan nama kampus UBSI Purwokerto yang menempati Juara harapan 1. “Kami senang hasil ini bisa mengobati rasa lelah yang selama ini kami lakukan, kami bangga dan bisa mengangkat nama kampus kami, tetapi kami belum puas dan kedepan semoga lebih baik lagi”, ujar Fajar.

Hosting Unlimited Indonesia