SHARE
Hosting Unlimited Indonesia

Kegiatan pengabdian masyarakat telah dilaksanakan oleh dosen Universitas Bina Sarana Informatika pada hari Senin (23/12) di Desa Sokawera Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan pembuatan website untuk anggota Karang Taruna di Desa Sokawera tersebut. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan dan kemampuan anggota Karang Taruna khususnya dalam membuat dan mengelola website. Dengan kemampuan ini diharapkan anggota Karang Taruna dapat menerapkan dalam mempublikasikan kegiatan, berita, informasi dan potensi Desa Sokawera secara luas dengan memanfaatkan teknlogi internet. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Aula Balai Desa Sokawera.

DomaiNesia

Kegiatan dibuka dengan sambutan Bapak Handoyo, selaku Kepala Desa Sokawera. Dalam sambutannya, beliau berharap kegiatan ini berdampak positif bagi anggota Karang Taruna Desa Sokawera. Terlebih lagi saat ini tersedia koneksi internet di Kantor Desa Sokawera yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat termasuk anggota Karang Taruna Desa Sokawera membuat website desa.

“Walaupun di desa, kita juga harus melek dengan teknologi terutama yang berhubungan dengan internet. Selain dapat ilmu baru, saya berharap dengan adanya pelatihan ini mereka juga bisa langsung dapat menerapkannya” harapnya.

Ketua pelaksana kegiatan, Nuzul Imam Fadlilah menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen pada tiap semester. Sedangkan materi dalam pengabdian disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Lebih lanjut, Ahmad Nouvel selaku tutor dalam pelatihan ini menjelaskan bahwa materi pembuatan website ini masih dasar dan menggunakan CMS WordPress sehingga mudah dipahami dan dapat langsung diterapkan sesuai kebutuhan.

“CMS atau Content Managemen System merupakan aplikasi mengelola konten website yang siap pakai. CMS yang digunakan dalam pelatihan adalah WordPress yang sudah banyak digunakan orang dalam membuat website. WordPress mudah digunakan karena tidak memerlukan pengetahuan yang mendalam mengenai pemrograman web. WordPress sudah menyediakan semua fasilitas untuk membuat webiste dan dapat diubah tampilannya sesuai selera” jelas Ahmad Nouvel selaku tutor.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat mendapat respon yang sangat baik dari peserta anggota karang taruna Desa Sokawera. Hal ini dapat dilihat dari respon mereka ketika mendapatkan penjelasan serta pada saat latihan praktek membuat sendiri website lokal dengan menggunakan XAMPP. Beberapa perserta bahkan berhasil membuat sebuah website dan mengatur tampilannya sesuai keingingan mereka.

Hosting Unlimited Indonesia