SHARE

Pada tanggal 16 September 2018, BSI bertransformasi menjadi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). Setelah 30 tahun menyandang sebagai Akademi, kampus BSI kini telah berubah menjadi Universitas. Perubahan status ini merupakan penggabungan 21 dari 24 perguruan yang ada di BSI, termasuk kampus BSI Purwokerto.

penyerahan sk universitas

Perubahan status tersebut resmi berubah setelah Kemenristekdikti menyerahkan SK Universitas BSI kepada yayasan BSI pada Minggu (16/9) di BSI Convention Center, Kaliabang. Orientasi Akademik (ORMIK) dan Seminar Motivasi (SEMOT) sendiri dilakukan secara serentak di seluruh kampus BSI, termasuk di Purwokerto.

Pimpinan BSI Purwokerto, Chandra Kesuma M.Kom mengatakan orientasi akademik tersebut digelar di kampus setempat, Sabtu (15/9). Orientasi akademik tersebut merupakan kegiatan awal untuk menyambut mahasiswa baru BSI dengan menghadirkan narasumber dari internal BSI sendiri, Polres Banyumas dan BNNK Banyumas.

chandra kesuma

“Orientasi akademik ini sebagai awal untuk memaparkan gambaran bagaimana perkuliahan di BSI nantinya. Polres Banyumas memberikan materi terkait menangkal radikalisme dan BNNK Banyumas memberikan materi terkait narkoba,” kata dia.

Hal tersebut diberikan di awal mahasiswa baru bersiap memasuki perkuliahan karena kata dia, sebagai satu bentuk antisipasi dari BSI. Supaya mahasiswanya tidak terjerumus dalam hal-hal yang tidak semestinya. Dan menjadi mahasiswa yang terus menjaga prestasinya di kampus.

mahasiswa baru

Selain itu, mahasiswa juga diajak mengikuti kegiatan bakti sosial bersih lingkungan sekitar kampus. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat diperlukan. Supaya mahasiswa juga dekat dengan lingkungan sekitarnya. “Jangan sampai mahasiswa hanya kenal kampus dan kuliah saja. Mereka juga harus bersosialisasi. Sehingga begitu lulus bukan hanya nilai bagus, tapi juga sosialisasi dengan masyarakat baik,” katanya.

Dalam menyambut mahasiswa baru, tidak hanya melalui orientasi akademik saja. Tapi juga dilakukan seminar motivasi (semot) yang digelar di kampus setempat, Minggu (16/9). Kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dalam menyambut mahasiswa baru UBSI ini sebagai satu upaya kampus memberikan kegiatan positif sebagai bekal awal berkenalan dengan dunia kampus.

semot

Selain itu, kata dia, UBSI juga berupaya untuk memberikan arahan bagi mahasiswa baru dalam membangun karir sejak awal perkuliahan. Menurutnya, perguruan tinggi merupakan satu pondasi untuk mengembangkan kompetensi dan membangun karir untuk meraih kesuksesan.

“Seminar Motivasi yang menjadi ciri khas UBSI, mengedepankan pembekalan info perkuliahan dan membangun semangat kepada seluruh mahasiswa baru UBSI. Tentu saja dengan pengemasan yang fun hingga akan selalu teringat oleh seluruh mahasiswa,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, UBSI akan mengubah pemikiran mahasiswa baru dalam penyambutannya yang biasanya terdengar adanya kekerasan dan perpoloncaan oleh mahasiswa senior kepada mahasiswa baru. Maka, UBSI menghadirkan ORMIK dan SEMOT sebagai penggantinya

Kegiatan menyambut mahasiswa baru UBSI Purwokerto diakhiri dengan kegiatan seminar TEMATIK dari lembaga karir, kewirausahaan dan pengabdian masyarakat, yaitu dengan melakukan bersih-bersih masjid yang berada di daerah sekitar Kampus BSI Purwokerto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here