SHARE
Hosting Unlimited Indonesia

Dosen UBSI Kampus Tegal Berikan Workshop Pengenalan & Troubleshooting Komputer di Pondok Pesantren Riyadus Sholihin Tegal – Kebijakan tentang PPKM dimasa pandemi covid 19 ini, bukanlah menjadi penghalang bagi kita untuk terus aktif dan produktif, berbagi dan berinovasi dimasa pandemi untuk kehidupan yang lebih baik. Hal itu yang dilakukan Dosen Prodi Teknologi Komputer UBSI Kampus Tegal yang tergabung dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Pondok Pesantren Riyadus Sholihin Putri Desa Karangmangu Jl. Lokajaya No.26 RT.09 RW.02 Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah Kode Pos 52471. Acara dilaksanakan secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan “3M”. Kegiatan ini dilaksanakan di hari Sabtu (20/03), mulai pukul 09:00 s/d 12:00 WIB, diikuti oleh 20 peserta/santri PonPes Riyadus Sholihin. Tema PkM kali ini adalah “Workshop Pengenalan dan Troubleshooting Komputer”.

Kegiatan PkM kepada Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang bertujuan agar dapat meningkatkan ketrampilan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar lingkungan kampus. Kegiatan PkM dengan tema “Workshop Pengenalan dan Troubleshooting Komputer” ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para anak didik khususnya di pondok pesantren mengenai ilmu-ilmu dasar tentang Komputer Dan Troubleshooting bagi kehidupan sehari-hari terutama bagi anak-anak usia sekolah untuk mempermudah dalam menggunakan komputer diberbagai bidang menuntut kita untuk mengetahui dan memahami prihal dasar yang berkaitan dengan perangkat komputer.

pengabdian ubsi tegal - 1

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari perwakilan pengurus PonPes Riyadus Sholihin kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan dari UBSI Tegal. Setelah sambutan dari kedua belah pihak acara PkM ini langsung diserahkan sepenuhnya kepada ketua pelaksana PkM yaitu Bapak Suleman, M.Kom dan team. Rangkaian Pkm ini diawali dengan pemberian/pemaparan materi. Materi presentasi dibuat simpel tapi padat dan menarik karena dilengkapi dengan media audio video sebagai penguat agar peserta cepat memahami materi yang disampaikan. Terakhir tutor dan team mendemokan beberapa uji/praktek alat secara langsung ttg troubleshooting pada komputer, yang membuat para peserta (20 santri PonPes) terlihat antusias dan lebih semangat selama pelaksanaan acara ini. Materi meliputi pengenalan singkat tentang komponen-komponen pembentuk sebuah sistem dalam komputer, langkah dalam memelihara hardware dan software, pengenalan dan identifikasi hardware (perangkat keras) dalam komputer dilanjutkan dengan demo/uji praktek tentang penanganan troubleshooting pada komputer serta beberapa tips dan trik untuk perbaikan instalasi komputer beserta dengan solusinya yang langsung dibawakan oleh tutor dalam hal ini bapak Sule dibantu team dosen lainnya.

pengabdian ubsi tegal - 4

Dengan adanya PM ini diharapkan peserta didik/santi dari PONPES nantinya mampu mengenal, memahami, memanfaatkan dan menggunakan pengetahuan didalam merakit PC dan juga troubleshootingnya sebagai dasar kelak ketika terjun dimasyarakat atau setidaknya untuk jangka pendek dapat bermanfaat bagi diri dan keluarganya sebagai bagian dari solusi dalam permasalahan yang ada ”ujar nara sumber bapak Suleman, M.Kom”

Dipenghujung acara diberikan waktu ke peserta untuk tanya jawab, dengan antusias beberapa peserta menanyakan beberpa hal ke narsum, seperti: bagaimana menentukan jenis dari komputer, jenis pentium ato teknologi terbaru..?? bagaimana cara mengoptimalkan kerja sebuah komputer agar kerja TDK Lemot, dll..? Perkembangan teknologi komputer sudah sejauh mana saat ini dengan boomingnya generasi laptop..? Bagaimana peluang kerja tenaga/teknisi komputer di masa sekarang ini… (tanya)

Setelah proses tanya jawab selesai kemudian acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan narasumber (tutor), Dosen UBSI dan peserta/santi dari PonPes Riyadus Sholihin untuk digunakan sebagai media dokumentasi kegiatan dan laporan LPJ dari kegiatan PkM ini.

Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia