SHARE
Hosting Unlimited Indonesia

Generasi Millenial, itulah sebutan bagi Generasi Penerus Bangsa di Era Digital saat ini. Semakin berkembangnya teknologi dengan salah satu hasilnya yaitu berupa alat komunikasi yang canggih seperti Smartphone yang saat ini banyak sekali penggunanya. Tidak memperdulikan golongan ekonomi, status sosial, apalagi usia.

DomaiNesia

Tidak hanya orang tua dan orang dewasa saja, namun anak-anak pun diberikan fasilitas alat komunikasi ini oleh orang tuanya dengan tujuan agar lebih mudah menghubungi si anak. Namun fungsi alat komunikasi tersebut saat ini tidak hanya sebagai alat komunikasi saja tetapi sudah bisa digunakan sebagai media untuk hiburan anak-anak dengan adanya video online yang dapat diakses oleh siapapun secara online. Aplikasi yang menjadi primadona untuk menikmati video online tersebut adalah Youtube. Anak-anak balita jaman sekarang sudah dapat mengoperasikan smartphone milik orang tuanya khususnya untuk dapat menikmati tayangan dari youtube tersebut. Mereka dapat memilih sendiri video mana yang ingin mereka lihat.

Sebagai orang tua, tentunya ada rasa kekhawatiran ketika anak berlama-lama memainkan gadget berupa smartphone. Baik untuk bermain game ataupun untuk melihat video yang disajikan di youtube. Para orang tua merasa khawatir apabila saat tertentu muncul konten berupa iklan atau video yang disarankan oleh youtube yang tidak seharusnya dilihat oleh anak mereka. Maka dari itu perlu adanya pengendalian penggunaan gadget pada anak. Dalam hal ini peran orang tua sangat diperlukan untuk memantau anak ketika menggunakan smartphone.

Adapun Tipsnya, dalam pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh STMIK Nusa Mandiri Jakarta kali ini disampaikan oleh Tutor yaitu Ibu Ina Maryani, M.Kom bahwa para orang tua dianjurkan untuk sering menghapus history tontonan pada youtube secara rutin dan atur settingan youtube pada Mode Terbatas sebagai antisipasi yang dapat dilakukan supaya youtube tidak merekomendasikan konten yang tidak semestinya. Selain itu yang terpenting ialah selalu mendampingi anak ketika melihat video yang ada di youtube. Dalam pengabdian masyarakat kali ini juga disampaikan beberapa hal dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget pada anak.

Diharapkan dengan adanya pengabdian masyarakat ini dapat bermanfaat bagi para Orang Tua/Wali murid TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Adisara.

Hosting Unlimited Indonesia